BENARKAH MEMBACA SAMBIL TIDURAN BISA MERUSAK MATA??



Kita sering kali diperingatkan oleh orang tua kita waktu kecil ketika membaca sambil berbaring / tiduran. Katanya hal tersebut dapat merusak mata atau dapat menambah minus bagi penderita rabun jauh. Membaca sambil berbaring memang membuat membaca jadi lebih nyaman dan rileks. Tetapi benarkah hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mata?

Saat kita berbaring, mata kita akan melihat dalam sudut yang berbeda dari biasanya. Sudut normal yang baik untuk membaca buku sebagaimana rekomendasi para dokter adalah 60 derajat. Akan tetapi sudut tersebut tidak akan dicapai dalam keadaan berbaring. 

Saat memegang bacaan dalam kondisi yang tidak nyaman, mengakibatkan otot di sekitar mata menjadi tegang. Rasa sakit yang muncul disebut sebagai astenopia

Astenopia tidak berdampak pada kerusakan mata secara permanen. Namun rasa tidak nyaman tersebut dapat mengakibatkan munculnya gejala berikut :

1. Mata terasa sakit

2. Penglihatan jadi kabur / ganda

3. Kepala terasa sakit atau pusing

4. Mata sensitif terhadap cahaya

5. Mata kering atau berair

6. Rasa nyeri pada leher

Jika gejala - gejala tersebut terasa, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Selain itu, sebaiknya mulai menghindari membaca sambil tiduran, meskipun hal tersebut tidak menimbulkan kerusakan mata yang permanen.

Untuk konsultasi dan pemesanan kacamata K-ion Nano Asli, silakan hubungi :
0857-7998-4405