MATA ANDA KUNING? INI DIA PENYEBABNYA


Pernahkah anda mengalami mata kuning? Atau mungkin kerabat, teman, atau tetangga anda? Mata kuning merupakan pertanda adanya masalah pada mata. Kondisi mata kuning terjadi ketika bilirubin yang berada di dalam pembuluh darah kita tidak mampu dibersihkan oleh tubuh kita secara maksimal. Akibatnya bilirubin mengalami penumpukan, bisa di kulit kita, atau di mata kita. Akibatnya permukaan mata menjadi tampak menguning.

Adapun gagalnya tubuh membersihkan bilirubin dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan penumpukan bilirubin pada tubuh, disebabkan oleh hal - hal berikut.

1. Terjadinya masalah pada organ hati

Hati menjadi organ yang sangat penting dan berperan dalam segala aktivitas detoksifikasi racun dalam tubuh kita. Pada kondisi normal, bilirubin diproses dalam hati, kemudian ke saluran empedu, dan terakhir dibuang bersama feses. Jika di dalam proses ini terjadi gangguan, maka bilirubin tidak dapat terbuang dan terjadilah penumpukan bilirubin dalam tubuh.

2. Adanya masalah pada saluran empedu

Fungsi dari kantung empedu adalah melepas empedu yang akan digunakan untuk mencerna lemak dalam tubuh. Apabila saluran empedu mengalami penyumbatan, mata bilirubin tidak dapat terbuang dan menyebabkan mata kuning. Penyebab dari tersumbatnya saluran empedu adalah batu empedu yang berasal dari kolesterol tinggi, lemak yang menumpuk akibat kurangnya diet atau gen, atau kadar bilirubin yang terlalu tinggi.

3. Adanya masalah pada pankreas

Pankreas merupakan saluran keluarnya empedu dalam tubuh kita. Adanya penyumbatan dalam saluran pankreas membuat bilirubin menumpuk. Penyebab tersumbatnya pankreas antara lain radang pankreas atau kanker pankreas.

4. Adanya kelainan pada darah

Kelainan pada darah juga dapat memicu terganggu nya proses detoksifikasi bilirubin, seperti anemia hemolitik, yaitu berupa penghancuran sel darah merah yang lebih cepat dari biasanya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh reaksi obat, ketidakcocokan saat transfusi darah, atau karena anemia lainnya.

Dari penjelasan ini, maka jelas mata kuning bukanlah gejala yang dapat disepelekan. Sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter anda serta mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Untuk pemesanan kacamata K-ion Nano dan konsultasi mata, hubungi :
WA : 0857 - 7998 - 4405