WADUH!!! 5 KEBIASAAN INI TERNYATA BISA MERUSAK MATA KITA



Mata kita merupakan salah satu indra yang bekerja dominan di dalam aktivitas kita. Penglihatan mata kita adalah hal yang sangat membantu dalam hampir di segala aktivitas harian kita. Maka dari itu, mata kita perlu perawatan agar kondisi kesehatannya tetap terjaga.

Sayangnya, kita sering kali melakukan aktivitas yang tanpa disadari dapat merusak mata kita. Jika dibiarkan terus menerus, maka mata kita bisa mengalami kerusakan secara serius. Akibatnya tentu saja akan menuncul iritasi atau infeksi mata. Berikut ini 5 kebiasaan umum yang bisa merusak mata kita.

1. Sering menyentuh atau mengucek mata
Jika mata terasa gatal, kita sering mengucek mata kita untuk meredakan gatalnya. Padahal mengucek mata terlalu keras bisa mengakibatkan pembuluh darah mengeras sehingga pecah dan menjadi peradangan. Untuk itu, jika mata terasa gatal atau ada objek yang masuk ke dalam mata, cukup dengan menutup mata dan menyentuh bagian luar mata saja.

Kemudian saat Anda mengucek mata, bisa jadi tangan kita dalam keadaan kotor / tidak bersih, sehingga kuman / bakteri bisa masuk ke selaput lendir mata, karena selaput lendir merupakan jaringan yang mengumpulkan kotoran dan kuman sehingga selaput lendir menjadi tempat berkembang biaknya kuman / bakteri dalam mata.

2. Terlalu lama menatap layar HP
Menatap layar HP menjadi aktivitas yang rutin dilakukan di masa kini. Tentu saja dengan beragam tujuan, baik karena pekerjaan, sekolah, kuliah, atau sekedar hiburan. Menatap layar HP bisa membuat mata lelah dan tegang. Penggunaan yang lama tanpa jeda yang cukup akan beresiko merusak mata. Untuk mengantisipasinya, gunakan aturan 20 - 20, yaitu 20 menit menatap HP, dan 20 detik melihat objek lain yang jauh agar mata tidak fokus satu titik saja.

3. Tidur saat masih menggunakan makeup mata
Kita biasa menggunakan makeup mata ketika menghadiri acara resmi. Namun sehabis acara, kita mungkin sudah lelah sehingga tidak sempat membersihkan makeup saat tidur. Padahal makeup yang menempel di mata akan menyumbat kelenjar di sekitar mata sehingga menimbulkan iritasi pada mata dan benjolan di sekitar kelopak mata. Penggunaan bulu mata palsu juga mengakibatkan lemnya masuk ke kornea mata dan menyebabkan peradangan.

4. Memakai lensa kontak saat tidur
Lensa kontak terdiri dari 2 jenis yaitu FDA (bisa digunakan semalaman) dan Chaudri (yang tidak bisa digunakan semalaman). Berdasarkan studi yang dilakukan oleh American Academy of Ophtalmology, orang yang menggunakan lensa kontak semalaman beresikon 10 hingga 15 kali terkena ulkus kornea yaitu luka terbuka pada kornea yang disebabkan infeksi. Untuk antisipasi, Anda bisa menunggu 20 hingga 30 menit, kemudian meneteskan cairan lensa kontak sebelum Anda melepaskannya.

5. Menggunakan obat mata saat mata merah.
Pada dasarnya menggunakan obat mata saat mata merah itu baik, karena bisa meredakan mata merah dengan cepat. Tetapi, di satu sisi, obst mata terkandung bahan pengawet dan bahan kimia yang bisa merusak mata dalam jangka panjang. Maka, jika dirasa memerlukan obat mata, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Konsultasi seputar keluhan mata bisa hubungi WA : 0857 - 7998 - 4405